4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, pemeriksaan darah tidak bisa dilakukan sembarangan. Kebanyakan teknisi dan dokter di rumah sakit akan menyarankan kita untuk berpuasa terlebih dahulu. Tes apa yang mengharuskan kita berpuasa sebelum tes darah?

Jenis-jenis tes yang mengharuskan puasa sebelum cek darah

1. Cek gula darah

Cek gula darah, khususnya tes gula darah puasa (GDP test) mengharuskan Anda untuk berpuasa terlebih dahulu dari 8-10 jam sebelumnya. Uji gula darah ini umumnya dilakoni buat mengendus resiko diabet kalian.
Jika Anda tidak berpuasa terlebih dahulu, maka hasilnya tidak akan akurat. Pasalnya, kadar gula darah mudah naik turun ketika ada karbohidrat yang masuk dari makanan atau minuman.

2. Tes kolesterol

Tes kolesterol darah juga dikenal sebagai tes pemeriksaan profil lipid. Yang biasanya juga diperiksa dalam tes ini adalah:

  • HDL
  • Kolesterol LDL
  • Trigliserida

Tes ini mengharuskan Anda untuk berpuasa selama 9-12 jam sebelum memulai pemeriksaan agar hasilnya benar-benar akurat. Kadar lemak dalam darah bisa meningkat segera setelah makan. Oleh karena itu, puasa sebelum cek darah hukumnya wajib.

3. Tes kadar

zat besi Tes ini dimaksudkan untuk melihat jumlah zat besi dalam darah. Biasanya dilakukan untuk mendiagnosis anemia.
Sebelum mengikuti tes, Anda harus berpuasa terlebih dahulu selama kurang lebih 8 jam. Anda juga dilarang mengonsumsi suplemen zat besi. Karena zat besi yang terkandung dalam beberapa jenis makanan dapat diserap dengan sangat cepat ke dalam darah.
Jadi jika Anda makan sebelum tes zat besi, hasilnya mungkin menunjukkan tingkat zat besi yang lebih tinggi dari yang seharusnya.4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4. Tes fungsi hati (liver)

Puasa sebelum tes darah untuk tes hati juga wajib. Karena asupan makanan bisa mempengaruhi hasil akhir.
Tes fungsi hati dilakukan untuk mengukur jumlah protein, enzim hati, dan kadar bilirubin dalam darah. Tes ini ditujukan untuk orang yang memiliki penyakit hati, untuk memantau efek obat pada kondisi hati, dan orang yang memiliki gangguan kandung empedu.

Akhir Kata

Itulah Artikel “4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

5 Kondisi yang Menyebabkan Tubuh Anda Tiba-tiba Menggigil

5 Kondisi yang Menyebabkan Tubuh Anda Tiba-tiba Menggigil

Menggigil adalah respon alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terkena udara dingin. Namun, beberapa orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.