Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bekerja?

Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bekerja?

Sistem kekebalan tubuh adalah salah satu fungsi tubuh yang paling penting. Soalnya, tanpa energi resistan badan kamu bakal gampang jatuh sakit imbas virus, kuman, serta hambatan terpilih. Sistem kekebalan, juga dikenal sebagai sistem kekebalan, harus berfungsi dengan baik untuk melindungi Anda dari berbagai penyakit. Namun, bagaimana sebenarnya sistem kekebalan tubuh manusia bekerja? Cari tahu di sini!

Apa itu sistem imun?

Sistem kekebalan adalah sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala sesuatu yang berbahaya bagi tubuh.
Sistem ini terdiri dari banyak komponen, dari sel hingga organ. Salah satu jenis sel terpenting dalam jaringan ini adalah sel darah putih (leukosit).
Leukosit dibuat ataupun ditaruh di bermacam tempat di badan tercantum timus, kura, serta sumsum tulang, di mana unit-organ ini diketahui selaku organ limfoid. Terkadang leukosit juga disimpan dalam gumpalan jaringan limfoid (kelenjar limpa) yang tersebar di seluruh tubuh.
Leukosit bergerak ke seluruh tubuh melalui limfatik dan pembuluh darah saat mereka berpatroli, memantau kemungkinan penyerbu berbahaya.
Ada dua jenis utama leukosit yang bekerja sama untuk menemukan dan membunuh organisme atau zat penyebab penyakit, yaitu:

  • Limfosit yakni sel yang menolong badan mengenang serta mengidentifikasi penyerang sebelumnya. Limfosit juga membantu menghancurkan penyerbu ini. Tampak 2 jenis limfosit, adalah limfosit B serta limfosit T. Diproduksi di sumsum tulang, limfosit akan tinggal dan berkembang menjadi sel B, atau pindah ke kelenjar timus dan berkembang menjadi sel T.
  • Fagosit adalah sel yang memakan penjajah. Ada berbagai jenis sel yang diklasifikasikan sebagai fagosit. Setiap jenis fagosit memiliki tugasnya masing-masing. Misalnya, tipe yang setidaknya lumrah ialah neutrofil, yang bertanggung jawab guna membersihkan kuman.Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bekerja?
See also  6 Alasan Penting Mengkonsumsi Air Mineral Berkualitas

Bagaimana cara kerja sistem imun?

Mikroorganisme dan zat asing yang menyerang tubuh disebut antigen atau kuman. Ketika antigen terdeteksi, serangkaian respons imun akan terjadi untuk melindungi tubuh agar tidak terinfeksi.
Dalam proses ini, beberapa jenis sel bekerja sama untuk mengenali antigen dan memberikan respons. Sel-sel ini kemudian merangsang limfosit B untuk memproduksi antibodi. Antibodi adalah protein yang dirancang khusus untuk menempel pada antigen tertentu. Setelah itu, sel T mencari antigen yang ditumpanginya dan menghancurkannya. Sel T juga membantu memberi sinyal pada sel lain (seperti fagosit) untuk melakukan tugasnya.
Setelah diproduksi, antibodi akan tinggal di tubuh seseorang untuk beberapa waktu, sehingga ketika antigen atau kuman kembali, antibodi tersedia untuk menjalankan misinya.
Antibodi jua sanggup menetralkan toksin yang dibuahi oleh makhluk bernyawa serta mengaktifkan sekerumun protein yang diucap suplemen. Komplemen adalah bagian dari sistem kekebalan yang membantu membunuh bakteri, virus atau sel yang terinfeksi.
Bersama-sama, semua sel khusus dan bagian dari sistem kekebalan memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap penyakit. Perlindungan ini disebut kekebalan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bekerja?“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.