Penyebab Mabuk Jalan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mabuk Jalan dan Cara Mengatasinya

Mabuk perjalanan bukanlah hal baru bagi tubuh untuk dirasakan. Saat bepergian dengan mobil, pesawat, atau kapal laut, tidak jarang tubuh terasa seperti muntah, lemas, dan pusing tanpa sebab. Mengapa terkadang tubuh bereaksi seperti itu selama perjalanan? Apakah ada cara untuk mencegah mabuk saat bepergian?

Penyebab

Dilihat dari fisik

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja, terutama ibu hamil dan anak-anak saat bepergian ke suatu tempat. Bagi orang yang bepergian dengan kapal, pesawat atau bahkan mobil, rasa mual dan pusing ini disebut sebagai mabuk perjalanan atau “penyakit” yang disebabkan oleh gerakan. Kenapa namanya seperti ini?
Soalnya, mabuk perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Namun pada kenyataannya saat kita berada di dalam kendaraan yang bergerak, tubuh Anda pasti dalam posisi duduk atau diam di tempat, namun mata dan telinga Anda melihat sekeliling selama perjalanan. Ini disebut mabuk perjalanan, karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda sebenarnya diam.
Kemudian, bagi tubuh yang belum terbiasa, otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. Bagian otak yang disebut thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh Anda. Setelah menarik kesimpulan dari tubuh Anda, biasanya diakhiri dengan kesimpulan bahwa tubuh Anda diracuni. Jadi otak Anda akan bereaksi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara muntah atau setidaknya mengirimkan reaksi mual dan pusing.

Dari sisi kendaraan

Mabuk perjalanan juga dipicu atau diperparah oleh bau yang menyengat dan tidak sedap, seperti asap rokok dan pewangi kendaraan. Karena selama perjalanan Anda tidak bisa bergerak atau menghindar, maka tubuh yang terkena aroma akan bereaksi melawan. Reaksi tubuh biasanya dilakukan dengan menimbulkan rasa mual dan pusing.
Kurangnya kadar oksigen dan tingginya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang kurang baik dan jalanan yang tidak rata juga menjadi pengaruh tersendiri terhadap mabuk perjalanan yang Anda alami.
Faktor risiko lain yang membuat Anda mabuk perjalanan bisa karena rasa takut dan cemas selama perjalanan. Ventilasi perjalanan kurang baik bahkan ketidakmampuan Anda untuk melihat kondisi di luar jendela kendaraan yang Anda tumpangi.

See also  8 Jenis Suplemen Penambah Energi Yang Dapat Mendukung Stamina

Tips mencegah mabuk perjalanan

1. Makan sebelum bepergian

Mual saat bepergian juga disebabkan oleh perut yang kosong. Perut akan meningkatkan asam lambung hingga naik ke atas dan menyebabkan mual. Apalagi jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan lambung yang buruk. Jadi usahakan makan 1-1,5 jam sebelum bepergian. Hindari juga makanan berminyak, makanan pedas, dan minuman bersoda yang akan memperparah mual dan pusing di perjalanan

2. Minum obat anti sakit

Ini adalah hal yang paling aman dan sederhana untuk dilakukan. Obat anti mabuk ini biasanya bila diminum akan menyebabkan rasa kantuk yang dalam. Secara otomatis mata dan telinga Anda akan “mengistirahatkan” sensor dan terhindar dari rasa mual di perjalanan.Penyebab Mabuk Jalan dan Cara Mengatasinya

3. Hindari bermain gadget atau membaca buku, jangan lupa istirahat.

Bermain gadget atau membaca buku saat bepergian hanya akan membuat mata, telinga, dan otak Anda bingung dalam mencerna informasi. Dengan melakukan aktivitas tersebut Anda hanya akan meningkatkan risiko mual dan pusing. Jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuhmu. Jika merasa ngantuk dan lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga, biarkan tubuh beristirahat agar bisa segar kembali selama perjalanan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Penyebab Mabuk Jalan dan Cara Mengatasinya“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.