Aneka Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

Aneka Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

Teh Honeybush adalah minuman herbal Afrika Selatan yang terbuat dari tanaman honeybush (Cyclopia spp.). Nama unik minuman ini berasal dari rasanya yang manis dan aromanya yang menyerupai madu. Selain memiliki rasa yang enak, teh honeybush juga dianggap memberikan sejumlah manfaat kesehatan.
Minuman yang mirip dengan teh rooibos ini bebas kafein dan mengandung beberapa jenis mineral seperti kalsium, zat besi, dan seng. Semacam minuman herbal yang lain, teh honeybush jua berkecukupan hendak senyawa antioksidan dengan segudang faedah untuk badan.

Berbagai manfaat teh honeybush

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji khasiat zat yang terkandung dalam teh honeybush. Berikut beberapa potensinya untuk kesehatan.

  1. Menenangkan tenggorokan

Teh honeybush telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan gejala pilek, flu, hingga infeksi saluran pernapasan dan TBC. Minuman ini juga dipercaya dapat meredakan tenggorokan yang tidak nyaman akibat penumpukan dahak.
Hal ini dikarenakan tanaman honeybush mengandung zat ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak. Tanaman ini biasanya direbus dan diberikan kepada orang sakit, mirip dengan penyajian teh honeybush modern.

  1. Melindungi sel tubuh dari kerusakan

Teh honeybush sangat kaya akan senyawa antioksidan polifenol, terutama dari jenis xanthone dan flavanones. Keduanya berpotensi melawan perasertagan pada badan dan halangi perkembangan sel tumor.
Antioksidan lain dalam teh honeybush juga memiliki manfaat lain, yaitu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat ini, antioksidan dianggap membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

  1. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes

Teh honeybush mengandung senyawa antioksidan mangiferin dan hesperidin. Menurut sejumlah penelitian pada hewan, mangiferin dapat menurunkan gula darah dengan merangsang produksi hormon insulin dan memperbaiki sel pankreas yang rusak.
Sedangkan hesperidin dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan fungsi enzim yang mengatur penyerapan gula dalam tubuh. Senyawa ini juga melindungi sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.
Tak hanya itu, penelitian terbaru dalam jurnal Molecules juga menyebutkan bahwa mangiferin dan hesperidin mungkin dapat mencegah komplikasi diabetes. Komplikasi diabetes yang dimaksud antara lain kerusakan ginjal dan sistem saraf.

  1. Menjaga kesehatan kulit
See also  5 Masalah Kesehatan yang Dapat Dideteksi Melalui USG

Selain diminum secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan manfaat teh honeybush dengan cara mengoleskannya pada kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak teh honeybush memiliki zat yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.
Peneliti memberikan suplemen ekstrak tanaman honeybush kepada 120 peserta yang memiliki kerutan di sekitar mata. Setelah tiga bulan, kerutan mereka jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak tanaman honeybush mungkin dapat mencegah penebalan kulit dan tanda-tanda terbakar sinar matahari. Ramuan ini meningkatkan elastisitas kulit dan mempertahankan kelembapan sehingga kulit tampak awet muda.Aneka Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

  1. Menjaga kesehatan tulang

Minuman untuk kesehatan tulang biasanya identik dengan susu. Namun, siapa sangka, teh honeybush juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Manfaat ini kembali didapat dari kandungan antioksidannya yaitu mangerin dan hesperidin.
Secara berkala, sel-sel osteoklas dalam tulang akan memecah jaringan tulang untuk mengambil mineral di dalamnya. Proses ini harus diimbangi dengan pembentukan osteoblas, yaitu sel-sel yang akan membentuk jaringan tulang baru.
Jika pembentukan osteoklas lebih cepat daripada osteoblas, tulang akan rentan terkena osteoporosis. Mangiferin dapat menghambat pembentukan osteoklas, sementara hesperidin membantu pemulihan tulang dengan melindungi osteoblas dari kerusakan.

  1. Meringankan gejala menopause

Menopause dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, mulai dari haid yang tidak teratur, panas tubuh, hingga suasana hati yang drastis Gejala ini muncul karena hormon estrogen menurun seiring berjalannya waktu.
Teh honeybush mengandung antioksidan isoflavon yang bertindak sebagai fitoestrogen. Artinya senyawa ini bisa meniru hormon estrogen dalam tubuh. Konsumsi isoflavon mungkin dapat mengatasi gejala menopause akibat penurunan hormon estrogen alami.
Semacam minuman herbal pada lazimnya, teh honeybush banyak hendak antioksiserta dan bermacam senyawa rumput yang memberikan arti buat badan. Senyawa ini bahkan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan risiko penyakit.
Sejauh ini, tidak ada laporan efek samping dari minum teh honeybush. Minuman ini bisa dikonsumsi secara rutin, namun pastikan Anda merebusnya dengan air mendidih untuk mencegah risiko tercampurnya bahan lain dari proses produksi.

See also  7 Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Saat Menyelam

Check Also

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.