6 hal yang menyebabkan tubuh terasa lamban

6 hal yang menyebabkan tubuh terasa lamban

Banyak yang belum tahu pasti apa penyebab tubuh terasa lemas dan lesu. Diagnosis sementara yang banyak dicurigai adalah padatnya aktivitas dan kurang tidur. Memang benar kurang tidur bisa membuat tubuh lemas, namun sebenarnya masih banyak hal lain yang mempengaruhi. Tentang apapun? Simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-macam Penyebab Badan Lemah

1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab lemas dan mudah lelah secara umum. Tubuh terjaga dalam waktu 20 jam sehari, rentan terhadap kelelahan ekstrim jika dilakukan lebih dari 7 hari. Sebaiknya tidur atau istirahat minimal 6 sampai 7 jam per hari
Pastikan juga Anda tidur di kasur yang nyaman dan sesuaikan pola tidur Anda menjadi teratur. Hindari penggunaan ponsel, laptop, dan menonton televisi sebelum tidur, agar mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang merupakan salah satu penyebab kelemahan. Gejala gangguan tidur ini dialami ketika tubuh berhenti bernapas sejenak saat tidur. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini terjadi, tetapi dapat menyebabkan dengkuran keras, dan akhirnya merasa sangat lelah di siang hari. Sleep anea juga bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan, merokok, dan sering mengonsumsi alkohol.

3. Tidak makan makanan bergizi

Pada dasarnya, apa yang Anda makan dapat mempengaruhi seberapa banyak energi yang dapat Anda keluarkan. Pasalnya, kurang makan atau kurang gizi bisa menjadi salah satu penyebab tubuh lemas dan lelah. Apalagi jika makanan yang Anda makan mengandung gula yang tinggi. Gula darah hendak naik serta jua menyusut dalam durasi pendek. Dijamin, setelah memakannya, Anda akan merasa ngantuk, lemas dan lelah.
Nah, usahakan pola makan seimbang, lengkap dengan buah, sayur, makanan kaya serat, dan protein. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi tubuh agar tidak mudah lemas.

See also  5 Jenis Parfum yang Beredar di Pasaran dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

4. Anemia

Anemia akibat kekurangan zat besi, merupakan salah satu penyebab kelemahan bagi kebanyakan wanita. Mengapa demikian? Sel darah merah dan zat besi adalah elemen penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah, tanpa zat besi yang cukup, tubuh akan kesulitan mendapatkan oksigen untuk diolah menjadi energi. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Tak jarang, banyak wanita yang menderita anemia.
Jika Anda menderita anemia, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan kaya zat besi. Kalian sanggup mendapatinya dari pangkal masakan kayak kentang, daging, kacang-kacangan, serta beras merah. Konsultasikan juga dengan dokter Anda, agar mendapatkan asupan suplemen zat besi dalam dosis yang tepat.

5. Paling Banyak Mengkonsumsi Kafein

Sebagian orang beranggapan bahwa mengonsumsi kafein dapat membuat energi meningkat dan tubuh menjadi bugar setelahnya. Sayangnya, anggapan ini sebenarnya tidak terlalu benar. Tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi kafein cenderung membuat tubuh merasa lebih lemah begitu efek kafeinnya hilang. Selain kecemasan, insomnia, dan tekanan darah tinggi, Anda juga bisa mengalaminya jika minum atau mengonsumsi kafein secara berlebihan.6 hal yang menyebabkan tubuh terasa lamban

6. Hipotiroidisme

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh, guna mengubah nutrisi yang masuk menjadi energi dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), dapat menyebabkan kelemahan, depresi, dan penambahan berat badan secara berkala. Buat menyembuhkan hipotiroidisme ini, kamu sanggup mengerjakan uji darah guna menemukan hasil yang tentu.

Akhir Kata

Itulah Artikel “6 hal yang menyebabkan tubuh terasa lamban“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

See also  Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Bekerja?

Check Also

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.