Kenali Gejala Hipertiroid dan Cara Mengatasinya

Kenali Gejala Hipertiroid dan Cara Mengatasinya

Hipertiroidisme adalah suatu kondisi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid daripada yang dibutuhkan tubuh, sehingga menimbulkan gejala tertentu. Kondisi ini dapat mempengaruhi proses metabolisme yang dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba dan detak jantung yang tidak teratur. Lantas, apa saja gejala hipertiroidisme? Apa yang harus saya lakukan jika saya menderita hipertiroidisme?

Gejala hipertiroidisme dan cara mengobatinya

Produksi hormon tiroid yang tinggi dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang tinggi. Kondisi ini dikenal sebagai hipermetabolik.
Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti detak jantung tidak normal, tekanan darah meningkat, dan tangan gemetar (tremor). Jika Anda mengalami gejala hipertiroidisme di bawah ini, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1. Berat Badan Tiba-tiba

Seperti dilansir dari Harvard Health, kelenjar tiroid disebut-sebut sebagai ahli metabolisme. Jika kelenjar memproduksi hormon tiroid berlebihan, metabolisme tubuh akan meningkat.
Penderita hipertiroid biasanya akan mengalami penurunan berat badan meskipun nafsu makan dan porsi makannya normal, bahkan meningkat.
Jika Anda merasa berat badan Anda turun meski porsi makan Anda sudah ditambah, kemungkinan besar ada masalah dengan metabolisme Anda.

Cara Mengatasinya

Untuk menjaga berat badan agar tetap normal dan tidak turun tidak cukup hanya dengan menambah porsi makan saja. Anda juga dapat menjalani diet atau pengaturan pola makan yang mungkin cocok untuk kondisi ini, seperti:

  • Mengurangi makanan dengan kandungan yodium tinggi, seperti rumput laut, yang dapat meningkatkan produksi hormon tiroid.
  • Tingkatkan porsi makanan yang mengandung kalsium dan sodium tinggi.
  • Rutin makan sayur dan buah untuk memperlambat kerja kelenjar tiroid memproduksi hormon.

2. Sulit tidur

Salah satu gejala hipertiroidisme yang cukup mengganggu adalah sulit tidur. Hal ini karena hormon tiroid yang berlebihan dapat merangsang sistem saraf, detak jantung yang cepat, dan menghasilkan keringat yang berlebihan di malam hari, sehingga tidak jarang orang mengalami kesulitan tidur.
Namun, karena gejala ini terlalu umum untuk disebut hipertiroidisme, Anda perlu menjalani tes darah untuk memastikan kadar tiroid.

See also  Makanan yang Benar dan Baik Saat Diet

Cara Mengatasinya

Gangguan tidur akibat hipertiroid sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan beberapa rutinitas waktu tidur yang baik agar mata mudah terpejam. Apa saja rutinitas tersebut?

  • Jangan bermain dengan ponsel Anda atau barang elektronik lainnya saat Anda bersiap-siap untuk tidur.
  • Hindari konsumsi alkohol, nikotin, dan kafein beberapa jam sebelum tidur.
  • Menggunakan aromaterapi, seperti wewangian, dapat menenangkan pikiran Anda.
  • Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, bahkan di akhir pekan.

3. Mudah gugup dan marah

Alasan di balik hipertiroidisme mempengaruhi suasana hati adalah kadar hormon tiroid yang tidak normal. Kecuali bertindak berarti dalam cara metabolisme, tiroid serta menyetarakan keadaan jiwa seorang.
Bila jumlahnya tidak seimbang, hal ini tentu akan berdampak pada psikologi Anda.

Cara Mengatasinya

Umumnya, ketika dokter menemukan bahwa penyebab gugup dan stres berasal dari hipertiroidisme, mereka akan memberikan obat yang disebut beta-blocker (beta-blocker).
Beta-blocker adalah obat yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan menghambat kinerja hormon tiroid sehingga diyakini dapat mengurangi gejala hipertiroidisme yang berkaitan dengan masalah psikologis atau mood.

4. Tangan gemetar (tremor)

Pernahkah Anda kesulitan membawa minuman di atas nampan karena tangan gemetar? Jika ini terjadi terlalu sering, Anda mungkin mengalami gejala hipertiroidisme.
Tangan gemetar (tremor) adalah hasil dari hormon tiroid yang merangsang saraf secara berlebihan. Akhirnya, segenap badan kamu beraksi lebih kilat serta menciptakan tangan kamu terkokol-kokol.Kenali Gejala Hipertiroid dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasinya

Sebenarnya kondisi tangan gemetar akibat hipertiroidisme akan membaik setelah Anda mendapatkan penanganan dari dokter. Namun, tidak ada salahnya untuk menghindari kebiasaan yang bisa membuat tangan Anda gemetar, seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi kafein.
Oleh karena itu, ketika Anda merasa tangan Anda gemetar dan muncul gejala yang menunjukkan Anda menderita hipertiroidisme, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

See also  4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

5. Gondok

Gondok adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan pembengkakan di pangkal leher seseorang.
Menurut American Thyroid Association, salah satu penyebab hipertiroidisme adalah produksi hormon tiroid yang berlebihan, yang merangsang pertumbuhan kelenjar tiroid di leher.
Oleh karena itu, ketika ada penyakit gondok pada seseorang, biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk melihat hormon tiroid dalam tubuhnya.

Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami penyakit gondok sebagai salah satu gejala hipertiroidisme, dokter akan meresepkan terapi untuk menstabilkan hormon Anda, seperti yodium radioaktif. Yodium radioaktif biasanya digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gondok di leher Anda.
Kondisi hipertiroid memang menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Karena itu, ketika Anda merasa ada masalah pada tubuh Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Kenali Gejala Hipertiroid dan Cara Mengatasinya“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

4 Macam Tes Lab Yang Mengharuskan Anda Puasa Sebelum Memeriksa

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kesehatan yang sangat akurat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Namun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.